SHARE

Lex, lo kok traveling melulu? Enak banget.
lo orang kaya, ya?
ih jalan mulu. envy.
Duitnya nggak abis-abis, ya, traveling terus…
bla
bla
bla

Munich

Munich

Gent

Amsterdam - Red Light District

Volendam - Netherlands

Volendam - Netherlands

Amsterdam - Van Gogh Museum 3

Amsterdam - Rijksmuseum 14

Belgium - Brussels

Belgium - Brussels

Amsterdam - The Man With Red Jacket

IMG_4374

Hokuto Japan

hanano miyako koen

IMG_6944 (1)

IMG_4609

Screen Shot 2014-09-13 at 18.02.39

ADUH, AMIN BANGET KHAK!!! (sekalian aja gue pamer foto-foto belakang-genic) *ditampar*

Tapi, gue bosen juga baca tweet/komen di IG model begini. Banyak orang yang mikir traveling adalah kegiatan yang fancy dan mahal. Padahal, pengalaman yang didapatkan dari traveling, justru lebih worth it dibanding duit yang dibelanjain untuk gadget maupun hal-hal fancy lain. Contohnya, gue pernah jalan ke Hongkong untuk bertemu mama. Dan selama di sana, gue menemui banyak pengalaman seru. Mulai dari naik taksi tanpa duit karena dompet nggak tau di mana, sampai ketemu wanita aneh di depan gereja.

Pengalaman traveling yang paling gue suka adalah pengalaman-pengalaman nyasar. Buat gue, nyasar adalah jalan untuk mencapai suatu tujuan dengan cara yang lebih seru. Itulah kenapa, saat gue traveling, gue nggak pernah takut untuk nyasar. Gue berharap, lo juga begitu. Mumpung masih muda, masih bebas ngapain aja, yuk jelajahi dunia. Kalo nggak sekarang, kapan lagi? Nunggu 10 tahun lagi? Lo bakal ditempel sama istri/suami yang artinya budget traveling sendiri akan membengkak jadi dobel maupun tripel (kalo punya suami dua/istri dua) *etapi kalo traveling dibayarin suami/istri kan enak, ya…* *yawda aku meniqa aja d*

Jangan berpikir, traveling itu sangat mahal. Traveling bisa pake modal yang murah, dan tetep terlihat mewah. Mau tau caranya? Nih ikutin tips gue:

Pesan Tiket Jauh Hari
Mungkin udah ada yang tau, mungkin juga belum. Mesen tiket jauh-jauh hari itu sangat membantu dalam urusan membeli tiket murah. Kalo lagi senggang, coba deh cek website-website promo tiket pesawat murah. Dijamin, lo bakal nemu harga-harga yang nggak masuk akal murahnya. Kadang, tiket ke Bali, dari Jakarta bisa cuma 100 ribuan rupiah. Nah lo? Gue ke Maroko – Portugal – Barcelona, naik Qatar, harga tiketnya cuma 6,5 juta. Temen gue ke Amsterdam balik dari Roma (ini namanya multiple cities), cuma bayar 4,5 juta. WKWKWKWKWKW All hail promo tickets! xD

Pilih Tanggal Yang Tepat
Hindari peak-season, karena di musim libur panjang atau libur nasional, segala harga tiket, hotel, sampai harga air mineral di tempat wisata bakal berlipat-lipat besarnya. Peak-season juga bikin traveling lo nggak nyaman. Serius. Misal, lo main ke pantai, buat nemuin tempat berjemur yang nyaman aja susah. Bibir pantai bentuknya bakal kayak bubur manusia. Full abis! Pergi saat low season, kalo memang fokus di foto pemandangan, foto akan lebih enak diliat. :’)

oishi koen

Fuji

IMG_5707

Milky way fuji

Fuji

Hokuto Japan

Mt Fuji, Yamanashi, Japan

20150409_115732

SAMSUNG CSC

Screen Shot 2014-12-03 at 00.54.16

Penginapan itu Cuma Tempat Singgah
Ini adalah salah satu hal penting untuk lo pertimbangkan. Penginapan, adalah kebutuhan yang akan selalu lo bayar sepanjang lo tinggal di situ. Kalo lo tinggal di situ selama seminggu, dan lo pilih hotel dengan tarif empat juta per hari, lo bakal ngabisin duit 28 juta cuma buat nginep doang. Boros!

Mari diingat kembali, bahwa penginapan itu hanyalah tempat untuk singgah dan tidur di saat kita lelah setelah jalan-jalan. Jadi, pilih penginapan yang nyaman buat tidur aja. Nggak perlu yang fancy. Toh, selama kita traveling, kita harusnya lebih banyak menghabiskan waktu buat jalan-jalan. Jadi, segala fasilitas wah dari hotel, bakal mubadzir. Be smart, choose wisely.

Hal di atas nggak berlaku kalau elo memang mau merasakan semua fasilitas resor. Like, elo nginep di resort di maldives atau bora-bora dan pengin terjun dari teras kamar langsung ke laut. Atau, elo lagi hanimun dan emang pengin bayar hotel superfancy yang semalam dua puluh juta dan gak pengin keluar dari resort, then it’s a good idea saving up for fancy resorts.

Kalau emang pengin ngirit banget, cobain coachsurfer, deh. Bisa gratis dan berinteraksi dengan pemilik rumah yang sofanya elo tidurin. Kalau males tinggal di hotel dan pengin bisa masak masakan Indonesia, tinggal di Airbnb aja. Gue di eropa sering masak. Sekali belanja abis 30an euro, tapi bisa buat makan 3 hari. Nasi lengkap dengan lauk dan sayur.

Sebenarnya, kalian juga bisa bekerjasama dengan chain hotel. Gue sering kok nginep di hotel mewah bintang lima atau di resort yang rate satu malam seharga sebijik leptop mekbuk er. Gimana caranya? Well, build your own brand and personality and be consistent! More on this, di post lain aja, yhea.

Di atas adalah tips agar lo bisa traveling dengan murah, kita lanjut dengan tips agar traveling lo terlihat mewah yah!

Dokumentasiin Dengan Smart
Saat kita traveling, dan pengin ngasih lihat keseruan traveling kita kepada teman-teman, kadang kita lupa, yang mau dilihat orang-orang itu adalah destinasi kita, bukan wajah kita. Kadang gue sebel sama orang-orang yang traveling, pamer foto traveling, tapi 75% dari frame fotonya, berisi wajah dia. Iya, foto selfie background destinasi, tapi backgroundnya malah blur. Orang mau liat pemandangan, bukan muka lo!
Belgium - Brussels

amrazing-avatar

Jadi, kalo lagi traveling, fotoin deh destinasi lo dengan baik. Foto selfie buat disimpen sendiri aja. Rumus gue… dari dua puluh foto, maksimal selfie sebijik aja. Kenapa? 1. Gue gak ganteng. 2. Gue bukan artis. 3. Gue mau ‘pamer’ destinasi bukan pamer wajah. 4. Gue kalo posting selfie malah diunfollow :((((

(posting selfie di blog, hore aku pinter)

Manjain mata orang-orang yang ngeliat foto lo seakan-akan mereka bisa ngeliat destinasi itu pake mata mereka sendiri. Nggak perlu kamera mahal kok untuk membuat foto terlihat menarik. Kamera handphone kayak punya Huawei Y6 4G pun udah cukup mumpuni. Dengan aperture yang cukup besar, nih kamera hape bisa bikin fokus foto lo lebih terlihat tajam.

Terus, kalo lo ngebet banget buat selfie, nih hape udah nyediain fitur panoramic selfie. Jadi meskipun lo foto selfie, muka lo nggak bakal nutupin sebagian besar frame fotonya. Dengan kata lain, pemandangan yang lo jadiin background, bakal tetep terlihat luas. Cakep kan?

Upload dan Sebar ke Sosmed
Kalo udah dapet foto-foto yang keren, jangan lupa buat sebarin tuh foto-foto ke sosmed lo. Tapi harus diinget ya, foto yang lo sebarin itu nggak boleh sembarang foto cuma buat memenuhi kenarsisan lo doang. Foto-foto yang lo sebarin, sebaiknya bisa membuat orang yang melihat hasilnya, mengagumi obyeknya. Dengan kata lain, obyek wisata lo, tetep harus jadi obyek utama foto itu.

Gent

Munich

Gent

Gent

Belgium - Brussels

Volendam - Netherlands

Biasanya kan, paling males kalo mau upload video atau foto dari tempat wisata, soalnya internetnya lemot. Tapi tidak dengan Huawei Y6 4G, nih hape udah support jaringan 4G. Jadinya, lo bisa upload foto atau video dengan lancar. *Asik!

Itu sedikit tips dari gue, biar traveling lo terlihat mewah walaupun murah. Lo udah semangat buat mulai traveling belum? Kalo udah, gue mau nambahin info lagi: Kalian bisa liburan ke Bali GRATIS! Uwoooh!

Cuma dengan mengikuti kontes Huawei Y6 4gent (baca: Huawei Y6 4G Agent), lo bakal diajak ke Bali, disewain Villa, nyobain wahana-wahana seru di sana, dikasih uang jajan, dan bisa juga dapet bonus duit Rp. 10 juta/orang. Kurang seru apa tuh?
yG

Caranya simpel, lo cari kode unik yang gue sembunyiin di artikel ini, terus submit kode itu di page: weipossible.com. Di sana ada 4 kolom buat submit kodenya. Salah satu kodenya ada di artikel ini, 3 kode sisanya, bisa lo cari di blog: Ariev Rahman, Fala Adinda, dan Ary Mozta

Kalo udah nemu keempat kodenya, segera susun dan submit ke weipossible.com, dan tunggu kabar deh~ Buruan kelarin riddle ini sebelum yang lain ngeduluin ya! Good luck! Bali menanti seperti foto-foto di bawah ini.

FullSizeRender 32

FullSizeRender 31

IMG_6187 (1)

IMG_6302 (1)

FullSizeRender 24 (1)