SHARE

IMG_1477

Tanggal 4 Oktober 2014, gue mengetikkan kata terakhir di draft novel gue. ‘FIN’. Artinya, tamat. Apakah perjuangan gue berhenti di kata itu? Nope. It’s just a temporary ending. Dengan berakhirnya menulis, kerjaan baru menyusul: mengedit. Untungnya, setelah ditelaah editor gue, Michan yang manits, nggak banyak yang harus diperbaiki. Revisi minor berjalan lancar. Tiba-tiba, udah masuk ke tahun 2015. Tiba-tiba, pihak Gagas sudah menetapkan novel gue akan terbit September. Mundur dari bulan Juni. Pertimbangannya, Juni masuk bulan puasa, dan butuh waktu untuk merancang promo buku ini. Gue setuju.

Tiba-tiba… sekarang udah Agustus. Preorder sudah besok (baca: ntar malem tepat pukul 00.00) Gue. Nervous. Setengah. Mati! Now, let’s talk about the pre-order.

Dari awal, gue kepengin mencetak foto gue dan menjadikannya dalam bentuk kartu pos. Rencana awal malah jualan kartu pos. Kenapa kartu pos? Simpel sih, alasannya. Yang pertama, kartu pos itu collectible. Yang kedua, ia nggak mahal. Yang ketiga, siapa pun yang menerima kartu pos pasti akan senang. Maka, ketika meeting promo dengan team Gagas, gue melontarkan ide ini: ngasih bonus kartu pos yang gambarnya adalah setting di novel Somewhere Only We Know saat pre order. Ide gue diterima. Kami kemudian brainstorming. Nongol ide lain. Kemudian gue mencari sponsor. Dapet sponsor, timbullah golden ticket. And now… let’s talk about the pre order of my upcoming book.

1. Pre order #SomewhereOnlyWeKnow akan berlangsung mulai tanggal 7 Agustus 2015, pukul 00.00. Cuma ada seribu buku untuk pre order yang berisi:

– Novel #SomewhereOnlyWeKnow bertanda tangan dan dikasih nomor, mulai dari 0001-1000.

kartu pos! Sedikit cerita, gue mengadakan semacam voting di akun instagram gue. Dari 12 foto yang gue post, gue meminta teman-teman memilih 6 foto yang akan dicetak dan disertakan di dalam buku pre-order. Hasilnya menakjubkan sekali. Banyak yang ikutan vote dan berkomentar I couldn’t be happier. Ini dia para kartu pos pilihan kalian:

#SomewhereOnlyWeKnow postcards for you! So, here's the thing: I need your help. Read carefully because you are the one who will help me for the next step of this book. Dalam waktu tiga hari ke depan, gue akan upload 12 foto di Instagram dengan hashtag #SomewhereOnlyWeKnow. Setiap hari gue akan upload 4 foto dengan lokasi yang berbeda-beda. Bantuan yang gue butuhkan dari kalian adalah: vote 6 foto yang menurut kalian HARUS BANGET dicetak dan dimasukkan ke dalam novel saat pre-order nanti! Cara vote-nya gampang banget: 6 (enam) foto dengan jumlah likes teratas yang akan dicetak dan bisa jadi milik kamu dalam bentuk kartupos! Gue udah pilih 12 foto yang merupakan hasil karya gue sendiri, dan foto-foto ini adalah setting di buku #SomewhereOnlyWeKnow This is the second image. Double tap if you think you should have this postcard inside the pre-order book. Yuk mari di-vote!

A post shared by Alexander Thian (@amrazing) on

#SomewhereOnlyWeKnow postcards for you! Salah satu adegan di novel #SomewhereOnlyWeKnow, adalah ketika tokoh utamanya, Kenzo merayakan tahun baru sendirian di #Paris. Nah, foto ini diambil tanggal 31 Desember 2014. Sunset terakhir tahun 2014. Gue beruntung banget bisa dapet shot ini. Saat itu, Galleries Lafayette lantai 7 yang biasanya digunakan untuk foto-foto, ditutup aksesnya karena saat itu udah masuk malam tahun baru. Akhirnya, setelah berkeliaran dengan hati galau, gue nemu satu spot di lantai 5, deket cafe-cafe. Pas gue tiba di situ dan menempelkan jidat di jendela, langit berubah warna. Setengah biru, setengah jingga. Padahal seharian itu Paris sangat mendung. It was one of the best sunset I've seen! If you laaaaf this pic, show your love so this photo can make it to top 6 and transformed into a beautiful postcard. Besok gue akan posting 4 foto terakhir. See you! ❤️

A post shared by Alexander Thian (@amrazing) on

Setiap buku pre-order akan dikasih dua kartu pos. Kenapa dua? Karena kalo enam kebanyakan. *dikeplak* Niat gue sih, ke depannya, pemilik kartu pos bisa saling tukeran. Mana tau elo dapet kartu pos yang bukan favorit elo, dan teman elo mengalami nasib yang sama. Kan bisa tukeran, tuh…

Oh, desain bagian belakang kartu pos-nya kece, lho! Mau liat? Ini dia!

IMG_1795

Nah, ini baru satu desain. Liat deh, di pojok kiri atas. Ada quote-nya, kan? Total ada 6 quote. Apa aja quote-nya? Ah, nanti juga tau.

Golden Ticket! Thanks a lot to Hotel Quickly, sebuah app untuk yang mencari hotel murah (and yes, I’ve tried it, and yes, it’s really cheap. Go, get the app!) yang bersedia jadi sponsor tunggal untuk masa pre order novel #SOWK, dan memberikan kejutan yang amat sangat keren. Penerima Golden Ticket (3 orang!) akan jalan-jalan bareng gue. Ke mana? Sesuai dengan judul buku gue, elo, elo, elo dan gue akan ke #SomewhereOnlyWeKnow. Dalam kalimat lain, kalian yang pegang Golden Ticket nggak akan tahu ke mana sebelum ketemu gue di bandara. Seru? Oh, you bet it will!

Voucher Hotel Quickly. Hah? INI APA? Tenang, karena sponsor gue baik hati, di dalam setiap buku pre order, akan diselipkan selembar voucher app Hotel Quickly. Kalian akan dapet diskon 15% kalau memesan kamar hotel via app ini. Sweet!

2. Ini penting: di mana pre order buku gue? Bisa ke:
Buku Buku Laris. Link -> KLIK INI
Buku Kita. Link -> KLIK INI
Buka Buku. Link -> KLIK INI

Jadi, cuma tiga toko buku online ini yang jadi partner pre order. Kalo ada website lain yang ngasih tau elo bahwa mereka ada PO buku gue dengan bonus seperti di atas, itu dusta.

3. Harga buku.
Nah, harga buku gue 65 rebu doang. (iye, pake doang. Nulisnya 2 tahun, lho :p) Namun di toko online, biasanya akan ada diskon. Dari 10-20%, itung sendiri deh berapa jadinya. xD Oh, satu lagi. Tebal buku ini sekitar 350 halaman. Mayan banget. Dua kali lipat lebih tebel dari The Not-So Amazing Life-of @aMrazing.

4. PO sampai kapan?
Untuk 1000 buku bertabur bonus macem-macem, ya jatahnya cuma 1000 buku aja. Kalau habis dalam waktu 10 menit, ya udah. TAPIIIIIII, selain 1000 buku dengan bonus, ada 1000 buku lagi, kok, yang bisa di PO. Nah, 1000 buku ini cuma berisi buku dan tanda tangan gue. Mari rekap: ada 1000 buku ber-ttd + bernomor + bonus dua kartu pos + voucer diskon 15% Hotel Quickly + Golden Ticket (untuk yang memang the chosen ones), dan ada 1000 buku berisi novel dan tanda tangan. Total: 2000 buku!

5. Postingan ini akan bersambung ke postingan satu lagi. Di situ, gue akan cerita sedikit mengenai isi buku, sekaligus kasih pengumuman pemenang tongkat Voldemort di postingan ini: HarPot Giveaway!

Now, are you ready to get your #SomewhereOnlyWeKnow? It’s H-1, yang artinya, mulai nanti malam kalian bisa pre order! :D :D